Kamis, 29 Agustus 2019


3.1     Menerapkan alur logika pemrograman komputer

Varian  berarti versi lain (hasilnya berbeda) dari sebuah algoritma yang input dan outputnya sama.
Contoh untuk mengurutkan bilangan (sort) disebut sebagai varian karena bisa mengurutkan dari terkecil ke besar (Ascending) atau sebaliknya (Descending).
Contoh variant:  
pengurutan Ascending(1,2,3,4,5,6,7,8,9)  
pengurutan Descending (9,8,7,6,5,4,3,2,1)

invarian berarti tetap. Dalam pemrograman, istilah invarian mengacu kepada nilai logika yang tidak berubah meskipun melalui transformasi. Transformasi yang biasa dilakukan untuk menguji sifat invarian pada suatu kode program adalah proses pengulangan.
Contoh invarian : proses pengulangan kata SMK SAHID sebanyak 2 x
       SMK SAHID SMK SAHID

Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi kebutuhan dalam pemrograman komputer.
Ada 2 Jenis tipe data yang dapat digunakan ketika membuat atau menulis algoritma pemrograman, yaitu :
a.  Tipe data sederhana \ Primitive, terdiri atas
§  Bilangan Bulat,
§  Bilangan Real,
§  Bilangan Logika,
§  String,
§  Karakter,
b.   Tipe data bentukan \ Composite, terdiri atas
§  Array,
§  Record,
§  Image,
§  Date Time,
§  Dll,

Tipe data bentukan \ Composite adalah Gabungan dari dua / lebih tipe data
Bilangan Bulat, Tipe data bilangan bulat adalah nilai numerik yang memiliki kapasitas penyimpanan komputer.

Bilangan Real, Tipe data bilangan real adalah nilai numerik yang mengandung nilai pecahan dalam bentuk desimal / nilai dengan tanda “,”, dalam bahasa pemrograman ditandai dengan  atau “.” , contoh Phi = 3.14.

Bilangan Logika,
Boolean
Tipe data Boolean digunakan untuk menyimpan nilai True/False (Benar/Salah). Pada sebagian besar bahasa pemrograman nilai selain 0 menunjukkan True dan 0 melambangkan False. Tipe data ini banyak digunakan untuk pengambilan keputusan pada struktur percabangan dengan IF … THEN atau IF … THEN … ELSE.

Variabel Vs Konstanta,
Variabel adalah tempat dimana kita dapat mengisi atau mengosonqkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan. Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai serta aturan diantaranya:
•  Nama variabel harus diawali denqan huruf.
•  Tidak boleh menggunakan spasi pada satu nama variabel. Spasi bisa diganti dengan karakter underscore (_).
•  Nama variabel tidak boleh mengandung karakter-karakter khusus, seperti : .,+, -, *, /, <, >, &, (,) , #, $, dan Iain-Iain.
•  Nama variabel tidak boleh menggunakan kata-kata kunci dari bahasa pemrograman

Contoh. Nama Variabel dan Nilai Variabel.
Benar                                                              Salah  
Username = “Sadewo"                 Nama Siswa = “Suneo"       {terdapat spasi}
Nama = “Dian Sastro Wagino"      
$Nama = “Juminten "        {terdapat Simbol}
Harga = 3500                              Harga = 
‘7500’                  {terdapat Tanda Petik}
HargaTotal = 34000                    
01Luas  = 540        {Numerik pada Nama Variabel}

Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang disimpannya.

Contoh. {Nama konstanla. harus menyebutkan type dan nilai}
constant phi : real 3.14159
constant nama : string ='Alex
constant benar : boolean true

Karakter/Character
Bersama dengan tipe data numeric, character merupakan tipe data yang paling banyak digunakan. Tipe data character kadang disebut sebagai char atau string. Tipe data string hanya dapat digunakan menyimpan teks atau apapun sepanjang berada dalam tanda petik dua (“…”) atau petik tunggal (‘…’).

Array
Array atau sering disebut sebagai larik adalah tipe data yang sudah terstruktur dengan baik, meskipun masih sederhana. Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang sama (homogen) dalam sebuah variabel. Setiap lokasi data array diberi nomor indeks yang berfungsi sebagai alamat dari data tersebut.
Record atau Struct
Seperti halnya Array, Record atau Struct adalah termasuk tipe data komposit. Record dikenal dalam bahasa Pascal/Delphi sedangkan Struct dikenal dalam bahasa C++. Berbeda dengan array, tipe data record mampu menampung banyak data dengan tipe data berbeda-beda (heterogen). Sebagai ilustrasi array mampu menampung banyak data namun dengan satu tipe data yang sama, misalnya integer saja. Sedangkan dalam record, kita bisa menggunakan untuk menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda, satu bagian integer, satu bagian lagi character, dan bagian lainnya Boolean.

Image
Image atau gambar atau citra merupakan tipe data grafik. Misalnya grafik perkembangan jumlah siswa SMK, foto keluarga kita, video perjalanan dan lain-lain. Pada bahasa-bahasa pemrograman modern terutama yang berbasis visual tipe data ini telah didukung dengan sangat baik.
Date Time
Nilai data untuk tanggal (Date) dan waktu (Time) secara internal disimpan dalam format yang spesifik. Variabel atau konstanta yang dideklarasikan dengan tipe data Date dapat digunakan untuk menyimpan baik tanggal maupun jam.

{typjam : <hh.mm.ss :integer> (Type jam terdiri dari 3 masukan yaitu "hh" sebagai jam. "mm" sebagai menit dan "ss" sebagai detik}


OPERATOR
Operator  merupakan simbol atau karakter yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan sesuatu operasi atau manipulasi, seperti menjumlahkan dua buah nilai, memberikan nilai ke suatu variabel, membandingkan kesamaan dua buah nilai.
Operator adalah sebuah simbol operasi tertentu, Operand adalah data yang di operasikan oleh operator.

OPERASI TERHADAP BILANGAN BULAT
Operator Aritmatika
§  Operator Aritmatika digunakan untuk melakukan proses perhitungan.
§  Operator Aritmatika Bilangan Bulat :
§  +                 Penambahan
§  -                  Pengurangan
§  *                  Perkalian
§  Div              Div = Divide, pembagian dua bilangan bulat dengan hasil                                bil. Bulat
§  Mod / %       Sisa Pembagian, sisa hasil bagi dua bilangan bulat


Operator Perbandingan/Hubungan/Relasional
§  Operator Perbandingan/Hubungan/Relasional digunakan untuk membandingkan antara dua buah operand (sebuah nilai atau variable).


Operator Logika
§ Operator logika: operator yang memungkinkan komputer menghasilkan keputusan kompleks.
§  Contoh :
§ Real world : Budi rajin membaca dan Budi selalu mendapat nilai A.
§ Pemrograman : x lebih besar dari 24 and x kurang dari 30


OPERASI TERHADAP BILANGAN REAL
Operator Aritmatika §                               Contoh :
§  Operator Aritmatika Bilangan Real :
§  +Penambahan       Penambahan (+)     : 5+6 menghasilkan 11
§  -  : Pengurangan       Pengurangan (-)      : 20-menghasilkan 17
§  *  : Perkalian            Perkalian      (*)       : 13*5 menghasilkan 65
§  Pembagian         Pembagian    (/)       : 12/2 menghasilkan 6

Operator Logika
§  Operator logika digunakan untuk membandingkan logika hasil dari operator-operator hubungan.

Macam-macam operator logika :     
&&        : Logika AND   (DAN)
||          : Logika OR     (ATAU)
!           : Logika NOT   (INGKARAN)

Logika AND


Logika OR                                          

Logika NOR


Logika NOT



Logika EXOR




Asal-usul kata Algoritma
Asal kata Algoritma berasal dari nama Abu Ja’far Mohammed Ibnu Musa al-Khowarizmi    ilmuan  Persia yang menulis kitab al  jabr  w’al-muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M (Abad 19)

 Ditinjau dari asal-usul katanya, kata ‘Algoritma’ mempunyai sejarah yang agak aneh. Orang hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung dengan angka Arab. Seseorang dikatakan ‘Algorist’ jika menghitung menggunakan angka Arab.

Analogi :
Jika seseorang ingin mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan adalah:
Langkah :
§  Menulis surat
§  Surat dimasukkan ke dalam amplop lalu ditutup
§  Amplop dikasih alamat penerima dan pengirim
§  Amplop ditempeli perangko secukupnya.
§  Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya

Definisi :
§  Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
§  Kamus Besar Bahasa Indonesia:
Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk pemecahan masalah.

§  Tujuan Algoritma Masalah > Program Komputer > Solusi / hasil
Algoritma    merupakan    sekumpulan    langkah-langkah   terbatas    untuk    mencari    solusi    suatu    masalah.
Program adalah kumpulan pernyataan komputer,
Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis dalam program. Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa disebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman.
Beberapa pakar memberi formula bahwa :
Program = Algoritma + Bahasa Pemrograman(Struktur Data)

Tahapan Algoritma Terdiri dari :

Ciri algoritma :
Algoritma mempunyai awal dan akhir
Setiap Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti ganda (ambigu)
Memiliki masukan (input) atau kondisi awal
Memiliki keluaran (output) atau kondisi akhir
Algoritma harus efektif; bila digunakan benar – benar menyelesaikan persoalan.
Cara penulisan algoritma :
Judul algoritma / Bagian Kepala atau Header
             { komentar mengenai algoritma, kondisi awal dan kondisi akhir }
Kamus Bagian Pendeklarasian
             { deklarasi nama variabel, nama konstantan, fungsi dan prosedur }
Algoritma / Bagian Badan Algoritma
             { uraian algoritma, input, proses dan output }

Struktur Penyajian / Metode dalam menulis / Merancang Algoritma :
Metode atau bentuk penyajian untuk algoritma dibagi  menjadi 3 (tiga), yaitu :
§  Algoritma dengan Struktur Natural Bahasa Indonesia / Bahasa sehari-hari
§  Algoritma dengan Pseudocode
§  Algoritma dengan Flowchart


Struktured Natural Bahasa Indonesia / Bahasa sehari-hari
§  Tidak Lebih mendekati penulisan Algoritma bergaya bahasa manusia
§  Menggunakan simbol / sintaks dari suatu bahasa pemrograman.
§  Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman.
§  Notasi-notasinya dapat digunakan untuk seluruh bahasa manapun.

Contoh Bahasa Natural.
     Baca Alas, Tinggi
     Kalikan 0,5 dengan Alas kali Tinggi
     Cetak Luas
Pseudocode
§  Penyajian algoritma dengan Pseudocodeberasal dari dua kata Pseudo =Tiruan, code = coding program atau berarti menggunakan kode yang mirip dengan kode pemrograman yang sebenarnya.
§  Pseudocode lebih rinci dari English/Indonesia Structure.
§  Pseudocode adalah bahasa yang digunakan untuk menyederhanakan penulisan algoritma.
§  Pseudocode bukan bahasa pemrograman.

Flowchart
Flowchart atau bagan alir adalah skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu program secara logika. Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam bentuk notasi-notasi tertentu.
Contoh Flowchart

Kegunaan Flowchart :
§  Untuk mendesain program                    
§  Untuk merepresentasikan program
§  Cara lain menuliskan algoritma adalah dengan Flowchart. Cara ini sudah jarang dipakai karena sangat menyita waktu dan kertas.
§  Keunggulan Flowchart : Alur program sangat mudah dibaca/ditelusuri.
§  Simbol-simbol Flowchart biasa dikenal dengan Notasi Flowchart



3.2    Memahami perangkat lunak bahasa pemrograman

Bahasa memiliki pengertian sebagai sarana berkomunikasi, dalam hal ini adalah komunikasi antara pengguna (Manusia) dengan mesin komputer.
Program adalah daftar atau deretan perintah atau instruksi yang dikenal oleh mesin komputer dalam mengerjakan sebuah proses. Atau Program adalah instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer agar komputer dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu.
Bahasa Pemrograman adalah sebuah bahasa yang menerjemahkan perintah yang diberikan oleh pengguna dalam susunan instruksi berupa kode-kode terstruktur kepada mesin komputer untuk mengerjakan suatu proses tertentu.
Bahasa Pemrograman (language software) memiliki beberapa karakteristik :
  1. Memiliki tata bahasa atau aturan khusus dalam pendeklarasiannya.
  2. Memiliki interrupt library untuk menerjemahkan perintah yang di inputkan.
  3. Menggunakan interpreter atau compiler untuk menerjemahkan sintaks pemrograman kedalam bahasa mesin.

Berdasarkan penggunaannya ada dua kategori bahasa pemrograman, yaitu :
1.   Bahasa Pemrograman untuk tujuan umum adalah bahasa pemrograman yang dapat dipergunakan untuk menciptakan aplikasi yang bersifat general atau umum, Contohnya adalah : C++, Visual Basic, Pascal, Java, PHP, Delphi, dll.
2.   Bahasa Pemrograman untuk tujuan khusus adalah bahasa pemrograman yang dibuat untuk keperluan tertentu.
            Contohnya adalah : COBOL, FORTRAN, ASSEMBLER, PROLOG,
Penulisan program dengan bahasa mesin dirasakan terlalu sulit dan memakan banyak waktu, maka dikembangkan languange software sebagai alternatif penulisan program yang lebih mudah.

Penerjemah bahasa pemrograman dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu assembler, kompiler, dan interpreter.
1) Assembler adalah program yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly)  ke dalam bahasa mesin.
2) Interpreter adalah program yang menerjemahkan baris demi baris hingga baris akhir program. Meski terdapat error pada sebuah baris tertentu maka akan tetap dieksekusi. Contohnya adalah : Basic
3) Compiler adalah program penterjemah yang mengkonversi semua baris kode program yang dideklarasikan sampai tidak terjadi errorContohnya adalah : COBOL, C, C++ dan PASCAL.

Jenis-jenis Bahasa Pemrograman :
1. COBOL
    COBOL atau kepedekan dari Common Business Oriented Language merupakan sebuah bahasa pemrograman tingkat tinggi yang lahir di era tahun 1959. Bahasa ini memiliki keahlian khusus untuk mempermudah design pembuatan aplikasi bisnis yang masih banyak digunakan di lingkungan komputer mini dan mainframe.
2. FORTRAN
    FORTRAN atau singkatan dari Formula Translation diperkenalkan oleh John Backus di IBM pada tahun 1956. Bahasa Pemrograman ini awalnya dipergunakan dalam mendesain pembuatan aplikasi dalam bidang IPTEK, Matematika, dan teknik. Kelebihan FORTRAN adalah kemampuannya dalam operasi aritmetika bahkan dalam suatu bilangan kompleks.
3. C
    Bahasa C merupakan induk besar bahasa yang berkembang saat ini. Bahasa yang diciptakan oleh Brian W Kernighan dan Denis M. Richie pada tahun 1972 di Laboratorium Bell AT&T. Bahasa C ini pula yang digunakan oleh Linus Torvald untuk menulis ulang Sistem Operasi Unix yang dikenal sebagai Linux System Operation. Bahasa C menurunkan bahasa pemrograman seperti C++, PHP, Visual C dan Java
4. BASIC
    BASIC atau Beginner All purpose Simbolic Intruction Code merupakan bahasa pemrograman yang bertujuan untuk menciptakan media pengajaran pemrograman secara sederhana berbasis bahasa inggris. Bahasa yang diciptakan oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz pada tahun 1965 di Darmouth College.
5. JAVA
    Bahasa pemrograman JAVA merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang sudah mendukung pemrograman berorientasi objek. Bahasa yang dikembangkan tahun 1955 oleh Sun Microsystem.
6. PASCAL
    Bahasa pemrograman PASCAL merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland. Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematika berkebangsaan Prancis pada abad 17 yaitu Blaise Pascal.

Struktur Program Pascal
Secara ringkas struktur program pascal terdiri dari :
a)     Judul Program, bersifat optional (bisa ditulis bisa tidak), untuk nama program adalah nama program yang kita buat dengan syarat penulisan harus berbeda dengan nama unit atau prosedur yang disediakan oleh pascal, tidak boleh ada spasi, tidak boleh ada tanda hubung (-) dan tidak boleh diawali dengan angka.
b)    Bagian Deklarasi, digunakan bila di dalam program menggunakan pengenal (identifier). Identifier dapat berupa :
(1)       Konstanta
(2)        Label
(3)        Tipe
(4)        Variabel
(5)        Deklarasi subprogram (prosedur dan fungsi)
Apabila suatu program menggunakan identifier, pascal menuntut supaya identifier tersebut dikenalkan terlebih dahulu sebelum digunakan, yaitu dideklarasikan terlebih dahulu.  Massing-masing deklarasi akan diterangkan pada Uraian Materi 3.
c)     Bagian Pernyataan, dengan struktur penulisan:
Begin
Pernyataan;
End.
Contoh Program

Listing Programnya
Program Belajar;
Uses Crt;
Begin
        clrscr;
        WriteLn('Saya');
        Write('Sedang ');
        WriteLn('Belajar');
        Write( 'Free Pascal ' );
        WriteLn('Di SMK Sahid Jakarta');
        readln;
End.
Tekan Ctrl F9 untuk meng-compile program
Tekan F5 untuk melihat hasilnya

Hasilnya :
Saya
Sedang Belajar
Free Pascal Di SMK Sahid Jakarta
perhatikan program sederhana berikut:





Hasil Output (z) dari program di atas adalah 1
Print pada bahasa pemrograman basic berfungsi untuk Mencetak hasil
Read berfungsi sebagai Input                                              
mod digunakan untuk menentukan sisa hasil bagi

Bahasa Pascal
Bahasa pascal dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University Zurich Swiss. Pascal disusun oleh Prof. Niklaus Wirth pada tahun 1970 dan dipublikasikan tahun 1971. Nama pascal sendiri diambil untuk mengenang dan mengabadikan seorang matematikawan Perancis bernama Blaise Pascal (1623-1662). Pascal bersifat  Compiler dan termasuk bahasa tingkat tinggi
Turbo pascal menyediakan fasiltas IDE (Integrated Development Environment), yang diantaranya berisi:
a) Compiler (untuk mengkompilasi program menjadi suatu objek yang dapat dipahami oleh komputer)
b) Debugger ( untuk membantu mencari kesalahan program)
c) Linker (untuk menggabungkan file objek dan file pustaka serta membentuk file executable)
d) Editor (untuk menuliskan program sumber).

Cara Mendownload dan Menginstall Compiler Free Pascal

Pada tutorial belajar pascal kali ini kita mendownload dan menginstall compiler Free Pascal kedalam sistem operasi Windows.

Mendownload Free Pascal
Aplikasi Free Pascal bisa didapat secara gratis melalui situs resminya pada alamat http://freepascal.org. Untuk mengunduh aplikasi ini, klik menu Download pada bagian atas situs.

Kemudian pilih sistem operasi:
Langkah selanjutnya, pilih alamat mirror untuk memulai proses download. Anda bisa memilih alamat manapun, kali ini saya menggunakan mirror dari SourceForge:
Pada halaman SourceForge, tinggal klik link pada bagian atas untuk mendownload aplikasi Free Pascal. Jika anda menggunakan Windows, bisa juga langsung mendownloadnya dari SourceForge melalui link berikut:
Aplikasi Free Pascal berukuran sekitar 40 MB. Pada saat tutorial ini ditulis, versi terakhir Free Pascal adalah versi 2.6.4.
Free Pascal tersedia untuk berbagai sistem operasi populer seperti Windows, Linux dan Mac OS. Dan juga bisa dijalankan untuk perangkat yang ‘tidak lazim’ seperti Nintendo DS, Nintendo Wii, dan Game Boy Advance.

Cara Instalasi Free Pascal
Secara garis besar, proses instalasi Free Pascal mirip dengan aplikasi lainnya, namun saya menambahkan beberapa setingan opsional agar pembuatan kode program dengan Free Pascal lebih user friendly.
Dalam tutorial ini saya menggunakan sistem operasi Windows 7 64-bit. Saat ini Free Pascal tidak membedakan file instalasi untuk sistem 32-bit maupun 64-bit, sehingga tidak menjadi masalah jika anda menggunakan Windows 7 32-bit maupun Windows Vista 32-bit.

File Free Pascal yang saya unduh bernama fpc-2.6.4.i386-win32.exe. Kemungkinan besar nama file yang anda gunakan akan sedikit berbeda, terutama jika terdapat versi baru.
Setelah file instalasi Free Pascal tersedia, silahkan double klik file tersebut untuk memulai proses instalasi.

Pada jendela “Welcome to the Free Pascal Setup Wizard”, klik Next untuk melanjutkan.

Jendela kedua “Select Destination Location”, kita bisa mengatur lokasi folder instalasi Free Pascal. Secara default, folder yang akan digunakan berada diC:\FPC\2.6.4. Anda bisa mengubah lokasi folder ini agar mudah diakses, sepertiC:\FreePascal, atau C:\Pascal. Pemilihan lokasi ini tidak berpengaruh apa-apa ketika menjalankan aplikasi nantinya.
Kali ini saya akan membiarkan lokasi default pada C:\FPC\2.6.4. Klik Next untuk melanjutkan.

Jendela ketiga adalah “Select Components”. Pada bagian ini kita bisa memilih jenis instalasi Free Pascal, yakni Full Instalation, Minimum Instalation atau Custom Instalation. Apabila anda tidak memiliki masalah dengan kapasitas harddisk, saya menyarankan menggunakan pilihan default: Full Instalation. Klik Next untuk melanjutkan.

Ukuran folder Free Pascal setelah proses instalasi berkisar sekitar 150 MB
Jendela berikutnya adalah “Select Start Menu Folder”. Pada bagian ini kita bisa mengubah nama shortcut Free Pascal sewaktu diakses melalui Start Menu. Saya membiarkan pilihan yang ada dan klik Next.

Jendela “Select Additional Tasks” berguna untuk mengatur beberapa konfigurasi seperti file assosiation, membuat shorcut, dan konfigurasi compiler. Khusus pada menu file assosiation, terdapat pilihan untuk men-checklist Associate .pas files with Free Pascal IDE dan Associate .dpr files with Free Pascal IDE.
Extension .pas adalah extension file yang digunakan untuk membuat kode program pascal. Sebagai contoh, kode program untuk menghitung luas segitiga bisa diberi nama luas_segitiga.pas, atau segitiga.pas.
Dengan memilih pilihan Associate .pas files with Free Pascal IDE, maka ketika kita men-double klik file tersebut dari Windows Explorer, kode program akan langsung ditampilkan di dalam Free Pascal. Anda boleh memilih pilihan ini agar lebih mudah ketika mengedit kode program. Klik Next untuk melanjutkan.

Jendela terakhir adalah “Ready to Install”. Pada bagian ini akan diperlihatkan pilihan-pilihan konfigurasi yang telah dipilih. Jika semuanya sesuai, klik tombolInstall untuk memulai proses instalasi.

Tergantung kecepatan komputer, proses instalasi akan berjalan beberapa saat. Jika sudah selesai, akan tampil jendela “Information”. Jendela ini berisi informasi mengenai versi Free Pascal dan fitur-fitur baru yang ditambahkan. Klik Next untuk melanjutkan.

Jika jendela “Completing the Free Pascal Setup Wizard” telah tampil, maka proses instalasi Free Pascal sudah selesai. Klik Tombol Finish untuk mengakhiri.
Apabila anda langsung menuju tampilan desktop, akan terlihat sebuah shortcut bernama Free Pascal IDE. Silahkan double klik icon ini untuk menjalankan aplikasi Free Pascal.

IDE adalah singkatan dari Integrated Development Environment, yakni sebuah lingkungan pengembangan software yang terintegrasi. Sebuah aplikasi IDE biasanya terdiri dari code editor, compiler, debugger, dan beberapa fasilitas lain untuk memudahkan pembuatan program komputer.
Sampai disini, aplikasi Free Pascal telah terinstall dengan sempurna, dan anda bisa mulai membuat kode program pascal. Jika anda pernah menggunakan Turbo Pascal sebelumnya, terlihat tampilan Free Pascal sama persis dengan Turbo Pascal (kecuali tambahan gambar artwork “FPC” yang cukup mempesona).
Akan tetapi, seperti yang terlihat, jendela aplikasi Free Pascal dan font yang digunakan cukup kecil. Saya akan melakukan beberapa setingan agar tampilan Free Pascal lebih user friendly.

Perintah Dasar/Sederhana Pascal
§  Write ( ‘Text/tulisan’,Variabel);
Perintah untuk menampilkan objek ke layar monitor tanpa pindah baris
§  WriteLn( ‘Text/Tulisan’,Variabel);
Perintah untuk menampilkan objek ke layar monitor lalu pindah baris kebawah
§  Read(Variabel);
Perintah untuk menginput/mengisi data tanpa pindah baris
§  ReadLn(Variabel);
Perintah untuk menginput/mengisi data lalu pindah baris

Identifier/Pengenal Data
Digunakan untuk penamaan elemen-elemen deklarasi seperti Label, Constanta, type, variabel, procedure, function

Text Box: Contoh :
Luas_Segi_Tiga
LuasSegiTiga
LuasS3
LS3
Syarat Identifier
§  Diawali huruf
§  Tidak boleh ada spasi/blank
§  Tidak boleh menggunakan reserved word
§  Tidak boleh menggunakan simbol khusus,
kecuali underscore(tanda bawah)
§  Panjang maximal 63 character

Unit standar pada turbo pascal
Unit yang dipakai secara umum dalam pemrograman pascal untuk operasi yang dilihat pada layar adalah unit crt,salah satu perintah dari unit crt adalah clrscr; yang berfungsi untuk membersihkan layar.

Penggunaan Unit CRT (Cathoda Ray Tube)
§   CLRSCR ;
Untuk membersihkan layar
§   Delay (nilainya);
Untuk menghentikan program dalam satuan milisecond
§   Gotoxy(x,y);
Untuk menempatkan kursor diposisi x dan y
§   Window(x1,y1,x2,y2)
Untuk membuat batasan jendela pada layar

RANGKUMAN PEMDAS Kelas X
Fasilitator by : Dwi Nurcahya, AMd

3.3    Menerapkan alur pemrograman dengan struktur bahasa pemrograman komputer


Algoritma Percabangan
§  Sebuah program tidak selamanya akan berjalan dengan mengikuti struktur berurutan, kadang-kadang kita perlu merubah urutan pelaksanaan program dan menghendaki agar pelaksanaan program meloncat ke baris tertentu.
§  Peristiwa ini kadang disebut sebagai percabangan/pemilihan atau keputusan.

algoritma percabangan satu kondisi
ALGORITMA PERCABANGAN UNTUK MENENTUKAN KELULUSAN
Contoh :
Program Kelulusan_Siswa
{Dalam bentuk pseudocode}

Deklarasi
            Nilai     : integer
            Status : string
Algoritma
            Nilai       75   {Value variabel nilai =75}
Status   ‘Tidak Lulus’ {status= ‘Tidak Lulus’ }
            If Nilai >= 75 then
Status  ’Lulus’
End If
Write(Status)







ALGORITMA PERCABANGAN UNTUK MASALAH BATASAN UMUR
Contoh :
§  Sebuah aturan untuk menonton sebuah film tertentu adalah sebagai berikut, jika usia penonton lebih dari 17 tahun maka penonton diperbolehkan dan apabila kurang dari 17 tahun maka penonton tidak diperbolehkan nonton.



ALGORITMA PERCABANGAN UNTUK PERHITUNGAN DUA BUAH BILANGAN
Contoh :
§  Dalam suatu perhitungan nilai P = X + Y. Jika P positif, maka Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y. Buatlah flowchart untuk mencari nilai P dan Q



algoritma percabangan dua kondisi
§  Aturan kelulusan siswa pada mata pelajaran Pemrograman Dasar diterapkan sebagai berikut :
§  Jika nilai ujian tengah semester (UTS) lebih besar dari 70 maka siswa dinyatakan lulus dan Nilai Akhir sama dengan nilai UTS.
§  Jika nilai UTS kurang atau sama dengan 70 maka siswa dinyatakan lulus jika Nilai Akhir lebih besar atau sama dengan 60 dimana Nilai Akhir = (nilai UTS x 40%) + (nilai UAS x 60%).















algoritma percabangan bersarang
ALGORITMA PERCABANGAN BERSARANG UNTUK MASALAH FOTOKOPI
Contoh :
§  Sebuah usaha fotokopi mempunyai aturan sebagai berikut :
§  jika yang fotokopi statusnya adalah langganan, maka berapa lembar pun dia fotokopi, harga perlembarnya Rp. 75,-
§  jika yang fotokopi bukan langganan, maka jika dia fotokopi kurang dari 100 lembar harga perlembarnya Rp. 100,-. Sedangkan jika lebih atau sama dengan 100 lembar maka harga perlembarnya Rp. 85,-.



Algoritma Pengulangan
§  Dalam banyak kasus seringkali kita dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus diulang berkali.
§  Salah satu contoh yang gampang kita jumpai adalah balapan mobil seperti tampak pada gambar ini Mobil-mobil peserta harus mengelilingi lintasan sirkuit berkali-kali sesuai yang ditetapkan dalam aturan lomba. Siapa yang mencapai garis akhir paling cepat, dialah yang menang.
§  Kondisi pengulangan, yaitu syarat yang harus dipenuhi untuk melaksanakan pengulangan. Syarat ini biasanya dinyatakan dalam ekspresi Boolean yang harus diuji apakah bernilai benar (true) atau salah (false)
§  Badan pengulangan (loop body), yaitu satu atau lebih instruksi yang akan diulang

Ada dua jenis perulangan yang dikenal dalam Algoritma, yaitu :
§  Unconditional Looping atau perulangan yang tidak menyertakan kondisi tertentu sebagai syarat terjadinya perulangan, Contoh  perulangan dengan FOR.
§  Conditional Looping atau perulangan dengan menyertakan kondisi kondisi yang harus terpenuhi, Contoh  perulangan dengan struktur WHILE dan REFEAT.

STRUKTUR PERULANGAN FOR...DO
Contoh :
Program deret_ascending_1_to_9
Deklarasi
     x  :  integer  {x bertipe data integer}
Algoritma
For x  1 to 9 do {perulangan sebanyak 9 kali}
     Write(x) {menampilkan nilai x setiap perulangan}
     End for {menyatakan badan akhir perulangan dengan For}
                          
Output : 1 2 3 4 5 6 7 8 9



Contoh :
Program deret_descending_9_to1
Deklarasi
     x  :  integer  {x bertipe data integer}
Algoritma
For x  9 downto 1 do {perulangan menurun sebanyak 9 kali}
     Write(x) {menampilkan nilai x setiap perulangan}
     End for {menyatakan badan akhir perulangan dengan For}
                          
Output : 9 8 7 6 5 4 3 2 1


STRUKTUR PERULANGAN WHILE...DO
Contoh :
Program deret_genap_1_to_100
Deklarasi
     x  :  integer  {x bertipe data integer}
        Sisa : Integer {Sisa bertipe data integer}
Algoritma
 1
     While x <= 100 do
Sisa  x mod 2
If Sisa = 0 then
            Write(x)
End If
 x + 1
End While

Output : x 101 {proses berhenti jika x=101}

STRUKTUR PERULANGAN REFEAT...UNTIL
Contoh :
Program deret_genap_1_to_100
Deklarasi
        x, total     : integer  {x dan total bertipe data integer}
        Sisa          : integer {Sisa bertipe data integer}
Algoritma
 1
total  0
     Refeat
     Sisa  x mod 2
If Sisa = 0 then
            Total = total + x
End If
 x + 1
Until x > 100
Write(total)

Output : x 101 {proses berhenti jika x=101}






0 Komentar:

Posting Komentar

Berlangganan Posting Komentar [Atom]

<< Beranda