3.1 Menerapkan
alur logika pemrograman komputer
Varian berarti versi lain (hasilnya berbeda) dari sebuah algoritma
yang input dan outputnya sama.
Contoh untuk mengurutkan bilangan (sort) disebut sebagai
varian karena bisa mengurutkan dari terkecil ke besar (Ascending) atau
sebaliknya (Descending).
Contoh variant:
pengurutan Ascending(1,2,3,4,5,6,7,8,9)
pengurutan Descending (9,8,7,6,5,4,3,2,1)
invarian berarti tetap. Dalam pemrograman, istilah invarian mengacu
kepada nilai logika yang tidak berubah meskipun melalui transformasi. Transformasi yang biasa dilakukan
untuk menguji sifat invarian pada suatu kode program adalah proses pengulangan.
Contoh invarian : proses pengulangan kata SMK SAHID
sebanyak 2 x
Tipe data adalah jenis data yang dapat diolah oleh komputer untuk memenuhi
kebutuhan dalam pemrograman komputer.
Ada 2 Jenis tipe data yang dapat
digunakan ketika membuat atau menulis algoritma pemrograman, yaitu :
a. Tipe data sederhana \ Primitive, terdiri atas
§ Bilangan Bulat,
§ Bilangan Real,
§ Bilangan Logika,
§ String,
§ Karakter,
b. Tipe data bentukan \ Composite, terdiri atas
§ Array,
§ Record,
§ Image,
§ Date Time,
§ Dll,
Tipe data bentukan \
Composite adalah Gabungan dari dua / lebih tipe data
Bilangan Bulat, Tipe data bilangan bulat
adalah nilai numerik yang memiliki kapasitas penyimpanan komputer.
Bilangan Real, Tipe data bilangan real
adalah nilai numerik yang mengandung nilai pecahan dalam bentuk desimal /
nilai dengan tanda “,”, dalam bahasa pemrograman ditandai
dengan atau “.” , contoh Phi = 3.14.
Bilangan Logika,
Boolean
Tipe data
Boolean digunakan untuk menyimpan nilai True/False (Benar/Salah). Pada sebagian
besar bahasa pemrograman nilai
selain 0 menunjukkan True dan 0 melambangkan False. Tipe data ini banyak digunakan
untuk pengambilan keputusan pada struktur percabangan dengan IF … THEN
atau IF … THEN … ELSE.
Variabel Vs Konstanta,
Variabel adalah tempat dimana kita dapat
mengisi atau mengosonqkan nilainya dan memanggil kembali apabila dibutuhkan.
Setiap variabel akan mempunyai nama (identifier) dan nilai serta aturan
diantaranya:
• Nama variabel harus diawali
denqan huruf.
• Tidak boleh menggunakan spasi
pada satu nama variabel. Spasi bisa diganti dengan karakter underscore (_).
• Nama variabel tidak boleh
mengandung karakter-karakter khusus, seperti : .,+, -, *, /, <, >, &,
(,) , #, $, dan
Iain-Iain.
• Nama variabel tidak boleh
menggunakan kata-kata kunci dari bahasa pemrograman
Contoh. Nama Variabel dan Nilai Variabel.
Benar Salah
Username =
“Sadewo" Nama Siswa = “Suneo" {terdapat spasi}
Nama = “Dian Sastro Wagino" $Nama = “Juminten " {terdapat Simbol}
Harga = 3500 Harga = ‘7500’ {terdapat Tanda Petik}
HargaTotal = 34000 01Luas = 540 {Numerik pada Nama Variabel}
Nama = “Dian Sastro Wagino" $Nama = “Juminten " {terdapat Simbol}
Harga = 3500 Harga = ‘7500’ {terdapat Tanda Petik}
HargaTotal = 34000 01Luas = 540 {Numerik pada Nama Variabel}
Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa
diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang
disimpannya.
Contoh. {Nama konstanla. harus menyebutkan type dan nilai}
constant phi
: real = 3.14159
constant nama
: string ='Alex’
constant benar : boolean = true
Karakter/Character
Bersama dengan
tipe data numeric, character merupakan tipe data yang paling banyak
digunakan. Tipe data character kadang disebut sebagai char atau
string. Tipe data string hanya dapat digunakan menyimpan teks atau
apapun sepanjang berada dalam tanda petik dua
(“…”) atau petik tunggal (‘…’).
Array
Array atau sering disebut
sebagai larik adalah tipe data yang sudah terstruktur dengan baik,
meskipun masih sederhana. Array mampu menyimpan sejumlah data dengan tipe yang
sama (homogen) dalam sebuah variabel. Setiap lokasi data array diberi nomor
indeks yang berfungsi sebagai alamat dari data tersebut.
Record atau
Struct
Seperti
halnya Array, Record atau Struct adalah termasuk tipe data komposit.
Record dikenal dalam bahasa Pascal/Delphi sedangkan Struct dikenal dalam
bahasa C++. Berbeda dengan array, tipe data record mampu menampung
banyak data dengan tipe data berbeda-beda (heterogen). Sebagai ilustrasi
array mampu menampung banyak data namun dengan satu tipe data yang sama,
misalnya integer saja. Sedangkan dalam record, kita bisa menggunakan untuk
menampung banyak data dengan tipe data yang berbeda, satu bagian integer, satu
bagian lagi character, dan bagian lainnya Boolean.
Image
Image atau gambar
atau citra merupakan tipe data grafik. Misalnya grafik perkembangan jumlah
siswa SMK, foto keluarga kita, video perjalanan dan lain-lain. Pada bahasa-bahasa
pemrograman modern terutama yang berbasis visual tipe data ini telah didukung
dengan sangat baik.
Date Time
Nilai data untuk tanggal (Date) dan waktu (Time) secara
internal disimpan dalam format yang spesifik. Variabel atau konstanta yang dideklarasikan
dengan tipe data Date dapat digunakan untuk menyimpan baik tanggal maupun jam.
{type jam : <hh.mm.ss :integer> (Type jam terdiri dari 3 masukan
yaitu "hh" sebagai jam. "mm" sebagai menit dan "ss" sebagai detik}
OPERATOR
Operator merupakan
simbol atau karakter yang biasa dilibatkan dalam program untuk melakukan
sesuatu operasi atau manipulasi, seperti menjumlahkan dua buah nilai,
memberikan nilai ke suatu variabel, membandingkan kesamaan dua buah nilai.
Operator adalah sebuah simbol operasi tertentu, Operand adalah data yang di operasikan oleh operator.
OPERASI TERHADAP BILANGAN BULAT
Operator Aritmatika
§ Operator Aritmatika digunakan untuk melakukan proses perhitungan.
§ Operator Aritmatika Bilangan
Bulat :
§ + : Penambahan
§ - : Pengurangan
§ * : Perkalian
§ Div : Div = Divide, pembagian dua bilangan bulat dengan hasil bil. Bulat
§ Mod /
% : Sisa Pembagian, sisa hasil bagi dua bilangan bulat
Operator Perbandingan/Hubungan/Relasional
§ Operator Perbandingan/Hubungan/Relasional digunakan untuk membandingkan antara dua buah operand (sebuah nilai atau variable).
Operator Logika
§ Operator logika: operator yang memungkinkan komputer
menghasilkan keputusan kompleks.
§ Contoh :
§ Real world : Budi rajin membaca dan Budi selalu mendapat nilai A.
§ Pemrograman :
x lebih besar dari 24 and x kurang dari 30
OPERASI TERHADAP BILANGAN REAL
Operator Aritmatika § Contoh
:
§ Operator Aritmatika Bilangan
Real :
§ + : Penambahan Penambahan (+) : 5+6
menghasilkan 11
§ - : Pengurangan Pengurangan (-) : 20-3 menghasilkan 17
§ * : Perkalian Perkalian (*) :
13*5
menghasilkan 65
§ / : Pembagian Pembagian (/) :
12/2
menghasilkan 6
Operator Logika
§ Operator logika
digunakan untuk membandingkan logika hasil dari operator-operator hubungan.
Macam-macam operator logika :
&& : Logika AND (DAN)
|| :
Logika OR (ATAU)
! : Logika NOT (INGKARAN)
Asal-usul
kata Algoritma
Asal kata Algoritma berasal dari
nama Abu Ja’far Mohammed Ibnu Musa al-Khowarizmi, ilmuan Persia yang menulis
kitab al jabr w’al-muqabala (rules of
restoration and reduction) sekitar tahun 825 M (Abad
19)
Ditinjau
dari asal-usul katanya, kata ‘Algoritma’ mempunyai sejarah yang agak aneh. Orang
hanya menemukan kata Algorism yang berarti proses menghitung
dengan angka Arab. Seseorang dikatakan ‘Algorist’
jika menghitung menggunakan angka Arab.
Analogi :
} Jika seseorang ingin
mengirim surat kepada kenalannya di tempat lain, langkah yang harus dilakukan
adalah:
Langkah :
§ Menulis surat
§ Surat dimasukkan ke dalam amplop lalu ditutup
§ Amplop dikasih alamat penerima dan pengirim
§ Amplop ditempeli perangko secukupnya.
§ Pergi ke Kantor Pos terdekat untuk mengirimkannya
Definisi
:
§ Urutan langkah-langkah untuk memecahkan masalah yang disusun secara
sistematis dan logis.
§ Kamus Besar Bahasa Indonesia:
Algoritma adalah urutan logis pengambilan putusan untuk
pemecahan masalah.
§ Tujuan
Algoritma : Masalah > Program > Komputer > Solusi / hasil
Algoritma merupakan sekumpulan langkah-langkah terbatas untuk mencari solusi suatu masalah.
Program adalah kumpulan pernyataan komputer,
Algoritma adalah metode dan tahapan sistematis
dalam program. Program ditulis dengan menggunakan bahasa pemrograman. Jadi bisa
disebut bahwa program adalah suatu implementasi dari bahasa pemrograman.
Beberapa pakar memberi formula bahwa :
Program = Algoritma + Bahasa
Pemrograman/ (Struktur Data)
Tahapan Algoritma Terdiri
dari :
Ciri algoritma :
v Algoritma
mempunyai awal dan akhir
v Setiap
Setiap langkah harus didefinisikan dengan tepat sehingga tidak memiliki arti
ganda (ambigu)
v Memiliki
masukan (input) atau kondisi awal
v Memiliki
keluaran (output) atau kondisi akhir
v Algoritma
harus efektif; bila digunakan benar – benar menyelesaikan persoalan.
Cara penulisan
algoritma :
Judul
algoritma / Bagian Kepala atau Header
{ komentar mengenai algoritma, kondisi awal
dan kondisi akhir }
Kamus / Bagian Pendeklarasian
{ deklarasi nama variabel, nama konstantan,
fungsi dan prosedur }
Algoritma / Bagian Badan Algoritma
{ uraian algoritma, input, proses dan output }
Struktur Penyajian / Metode dalam menulis / Merancang Algoritma :
Metode atau bentuk
penyajian untuk algoritma dibagi menjadi 3 (tiga), yaitu :
§ Algoritma dengan Struktur Natural / Bahasa Indonesia / Bahasa sehari-hari
§ Algoritma dengan Pseudocode
§ Algoritma dengan Flowchart
Struktured Natural / Bahasa Indonesia / Bahasa sehari-hari
§ Tidak Lebih mendekati penulisan Algoritma bergaya bahasa manusia
§ Menggunakan simbol / sintaks dari suatu bahasa pemrograman.
§ Tidak tergantung pada suatu bahasa pemrograman.
§ Notasi-notasinya dapat digunakan untuk seluruh bahasa manapun.
Contoh Bahasa Natural.
Baca Alas, Tinggi
Kalikan 0,5 dengan Alas kali Tinggi
Cetak Luas
Pseudocode
§ Penyajian algoritma dengan Pseudocode, berasal dari dua kata Pseudo =Tiruan, code = coding
program atau berarti menggunakan kode yang mirip dengan
kode pemrograman yang sebenarnya.
§ Pseudocode lebih
rinci dari English/Indonesia Structure.
§ Pseudocode adalah bahasa
yang digunakan untuk menyederhanakan penulisan algoritma.
§ Pseudocode bukan
bahasa pemrograman.
Flowchart
Flowchart atau bagan alir adalah
skema/bagan (chart) yang menunjukkan aliran (flow) di dalam suatu
program secara logika. Flowchart merupakan alat yang banyak digunakan untuk menggambarkan algoritma dalam
bentuk notasi-notasi tertentu.
Contoh Flowchart
Kegunaan
Flowchart :
§ Untuk mendesain
program
§ Untuk merepresentasikan program
§ Cara lain menuliskan algoritma adalah dengan Flowchart. Cara ini sudah
jarang dipakai karena sangat menyita waktu dan kertas.
§ Keunggulan Flowchart : Alur program sangat mudah dibaca/ditelusuri.
§ Simbol-simbol Flowchart biasa dikenal dengan Notasi Flowchart
3.2 Memahami
perangkat lunak bahasa pemrograman
Bahasa memiliki pengertian sebagai sarana berkomunikasi, dalam
hal ini adalah komunikasi antara pengguna (Manusia) dengan mesin komputer.
Program adalah daftar atau deretan perintah atau
instruksi yang dikenal oleh mesin komputer dalam mengerjakan sebuah
proses. Atau Program adalah instruksi-instruksi yang diberikan kepada komputer
agar komputer dapat melaksanakan tugas-tugas tertentu.
Bahasa Pemrograman adalah sebuah bahasa yang menerjemahkan perintah yang diberikan
oleh pengguna dalam susunan instruksi berupa kode-kode terstruktur kepada mesin
komputer untuk mengerjakan suatu proses tertentu.
Bahasa Pemrograman (language software) memiliki beberapa karakteristik :
- Memiliki
tata bahasa atau aturan khusus dalam pendeklarasiannya.
- Memiliki
interrupt library untuk menerjemahkan perintah yang di inputkan.
- Menggunakan
interpreter atau compiler untuk menerjemahkan sintaks pemrograman kedalam
bahasa mesin.
Berdasarkan penggunaannya ada dua kategori bahasa
pemrograman, yaitu :
1. Bahasa Pemrograman untuk
tujuan umum adalah bahasa pemrograman yang dapat dipergunakan untuk
menciptakan aplikasi yang bersifat general atau umum, Contohnya adalah : C++, Visual Basic, Pascal,
Java, PHP, Delphi, dll.
2. Bahasa Pemrograman untuk
tujuan khusus adalah bahasa pemrograman yang dibuat untuk
keperluan tertentu.
Contohnya
adalah : COBOL, FORTRAN, ASSEMBLER, PROLOG,
Penulisan
program dengan bahasa mesin dirasakan terlalu sulit dan memakan banyak waktu,
maka dikembangkan languange software sebagai alternatif penulisan program yang
lebih mudah.
Penerjemah bahasa pemrograman dibedakan menjadi 3 (tiga) macam, yaitu assembler,
kompiler, dan interpreter.
1) Assembler adalah program
yang digunakan untuk menerjemahkan kode sumber dalam bahasa rakitan (assembly) ke
dalam bahasa mesin.
2) Interpreter adalah program
yang menerjemahkan baris demi baris
hingga baris akhir program. Meski terdapat error pada sebuah baris tertentu maka akan
tetap dieksekusi. Contohnya adalah : Basic
3) Compiler adalah program
penterjemah yang mengkonversi
semua baris kode program yang dideklarasikan sampai tidak terjadi
error. Contohnya adalah :
COBOL, C, C++ dan PASCAL.
Jenis-jenis
Bahasa Pemrograman :
1. COBOL
COBOL atau kepedekan dari Common Business
Oriented Language merupakan sebuah bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang lahir di era tahun 1959. Bahasa ini
memiliki keahlian khusus untuk mempermudah design pembuatan aplikasi bisnis
yang masih banyak digunakan di lingkungan komputer mini dan mainframe.
2. FORTRAN
FORTRAN atau singkatan dari Formula Translation diperkenalkan oleh John Backus di IBM pada tahun 1956. Bahasa Pemrograman ini awalnya dipergunakan dalam mendesain
pembuatan aplikasi dalam bidang IPTEK, Matematika, dan teknik. Kelebihan FORTRAN adalah kemampuannya dalam operasi
aritmetika bahkan dalam suatu bilangan kompleks.
3. C
Bahasa
C merupakan induk besar bahasa yang berkembang saat ini.
Bahasa yang diciptakan oleh Brian W Kernighan dan Denis M. Richie pada tahun 1972 di Laboratorium Bell AT&T. Bahasa C ini pula yang digunakan
oleh Linus Torvald untuk menulis ulang Sistem Operasi
Unix yang dikenal sebagai Linux System Operation. Bahasa C menurunkan bahasa pemrograman seperti C++, PHP, Visual
C dan Java
4. BASIC
BASIC
atau Beginner All purpose Simbolic Intruction Code merupakan bahasa pemrograman yang bertujuan untuk menciptakan media pengajaran pemrograman secara sederhana
berbasis bahasa inggris. Bahasa yang diciptakan oleh John Kemeny dan Thomas Kurtz pada tahun 1965 di Darmouth College.
5. JAVA
Bahasa
pemrograman JAVA merupakan salah satu jenis bahasa pemrograman yang sudah
mendukung pemrograman berorientasi objek. Bahasa yang dikembangkan tahun 1955 oleh Sun Microsystem.
6. PASCAL
Bahasa
pemrograman PASCAL merupakan salah satu jenis bahasa
pemrograman tingkat tinggi yang dirancang oleh Profesor Niklaus
Wirth dari Technical University of Zurich,
Switzerland. Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematika
berkebangsaan Prancis pada abad 17 yaitu Blaise Pascal.
Struktur Program Pascal
Secara ringkas struktur program pascal terdiri dari :
a) Judul Program, bersifat
optional (bisa ditulis bisa tidak), untuk nama program adalah nama program yang
kita buat dengan syarat penulisan harus berbeda dengan nama unit atau prosedur
yang disediakan oleh pascal, tidak boleh ada spasi, tidak boleh ada tanda
hubung (-) dan tidak boleh diawali dengan angka.
b) Bagian Deklarasi, digunakan bila
di dalam program menggunakan pengenal (identifier). Identifier dapat
berupa :
(1) Konstanta
(2) Label
(3) Tipe
(4) Variabel
(5) Deklarasi subprogram
(prosedur dan fungsi)
Apabila suatu program menggunakan identifier, pascal
menuntut supaya identifier tersebut dikenalkan terlebih dahulu sebelum
digunakan, yaitu dideklarasikan terlebih dahulu. Massing-masing
deklarasi akan diterangkan pada Uraian Materi 3.
c) Bagian
Pernyataan, dengan struktur penulisan:
Begin
Pernyataan;
End.
Contoh Program
Listing Programnya
Program Belajar;
Uses Crt;
Begin
clrscr;
WriteLn('Saya');
Write('Sedang
');
WriteLn('Belajar');
Write(
'Free Pascal ' );
WriteLn('Di
SMK Sahid Jakarta');
readln;
End.
Tekan Ctrl F9 untuk meng-compile program
Tekan F5 untuk
melihat hasilnya
Hasilnya :
Saya
Sedang Belajar
Free Pascal Di SMK
Sahid Jakarta
perhatikan program sederhana berikut:
Hasil Output (z) dari program di atas adalah 1
Print pada bahasa
pemrograman basic berfungsi untuk Mencetak hasil
Read berfungsi sebagai Input
mod digunakan untuk menentukan sisa hasil bagi
Bahasa Pascal
Bahasa pascal dirancang oleh Profesor Niklaus
Wirth dari Technical University Zurich Swiss.
Pascal disusun oleh Prof. Niklaus Wirth pada tahun 1970 dan dipublikasikan
tahun 1971. Nama pascal sendiri diambil untuk mengenang dan mengabadikan
seorang matematikawan Perancis bernama Blaise Pascal (1623-1662). Pascal bersifat Compiler dan termasuk bahasa
tingkat tinggi
Turbo pascal menyediakan fasiltas IDE (Integrated
Development Environment), yang diantaranya berisi:
a) Compiler (untuk
mengkompilasi program menjadi suatu objek yang dapat dipahami oleh komputer)
b) Debugger ( untuk membantu mencari kesalahan
program)
c) Linker (untuk
menggabungkan file objek dan file pustaka serta membentuk file executable)
d) Editor (untuk menuliskan program sumber).
Cara Mendownload dan Menginstall Compiler Free
Pascal
Pada tutorial
belajar pascal kali ini kita mendownload dan menginstall compiler Free Pascal kedalam sistem operasi Windows.
Mendownload Free Pascal
Aplikasi Free Pascal bisa didapat secara gratis melalui
situs resminya pada alamat http://freepascal.org. Untuk mengunduh
aplikasi ini, klik menu Download pada
bagian atas situs.
Kemudian pilih sistem operasi:
Langkah selanjutnya, pilih alamat
mirror untuk memulai proses download. Anda bisa memilih alamat manapun, kali
ini saya menggunakan mirror dari SourceForge:
Pada halaman
SourceForge, tinggal klik link pada bagian atas untuk mendownload aplikasi Free
Pascal. Jika anda menggunakan Windows, bisa juga langsung mendownloadnya
dari SourceForge melalui link berikut:
Aplikasi Free
Pascal berukuran sekitar 40 MB. Pada saat tutorial ini ditulis, versi terakhir
Free Pascal adalah versi 2.6.4.
Free Pascal
tersedia untuk berbagai sistem operasi populer seperti Windows, Linux dan Mac OS. Dan
juga bisa dijalankan untuk perangkat yang ‘tidak lazim’ seperti Nintendo DS, Nintendo Wii, dan Game Boy Advance.
Cara Instalasi Free Pascal
Secara garis
besar, proses instalasi Free Pascal mirip dengan aplikasi lainnya, namun saya
menambahkan beberapa setingan opsional agar pembuatan kode program dengan Free
Pascal lebih user friendly.
Dalam tutorial
ini saya menggunakan sistem operasi Windows 7 64-bit.
Saat ini Free Pascal tidak membedakan file instalasi untuk sistem 32-bit maupun
64-bit, sehingga tidak menjadi masalah jika anda menggunakan Windows 7 32-bit
maupun Windows Vista 32-bit.
File Free Pascal
yang saya unduh bernama fpc-2.6.4.i386-win32.exe.
Kemungkinan besar nama file yang anda gunakan akan sedikit berbeda, terutama
jika terdapat versi baru.
Setelah file
instalasi Free Pascal tersedia, silahkan double klik file
tersebut untuk memulai proses instalasi.
Pada jendela “Welcome to the Free Pascal Setup Wizard”, klik Next
untuk melanjutkan.
Jendela kedua “Select Destination Location”, kita bisa mengatur lokasi
folder instalasi Free Pascal. Secara default, folder yang akan digunakan berada
diC:\FPC\2.6.4. Anda bisa mengubah lokasi folder ini
agar mudah diakses, sepertiC:\FreePascal,
atau C:\Pascal. Pemilihan lokasi ini tidak berpengaruh
apa-apa ketika menjalankan aplikasi nantinya.
Kali ini saya
akan membiarkan lokasi default pada C:\FPC\2.6.4. Klik
Next untuk melanjutkan.
Jendela ketiga
adalah “Select Components”. Pada bagian ini kita bisa memilih
jenis instalasi Free Pascal, yakni Full Instalation, Minimum
Instalation atau Custom Instalation.
Apabila anda tidak memiliki masalah dengan kapasitas harddisk, saya menyarankan
menggunakan pilihan default: Full Instalation.
Klik Next untuk melanjutkan.
Ukuran folder Free Pascal setelah
proses instalasi berkisar sekitar 150 MB
Jendela
berikutnya adalah “Select Start Menu Folder”. Pada
bagian ini kita bisa mengubah nama shortcut Free
Pascal sewaktu diakses melalui Start Menu. Saya
membiarkan pilihan yang ada dan klik Next.
Jendela “Select Additional Tasks” berguna untuk mengatur
beberapa konfigurasi seperti file assosiation,
membuat shorcut, dan konfigurasi compiler. Khusus
pada menu file assosiation, terdapat pilihan untuk men-checklist Associate .pas files with Free Pascal IDE dan Associate .dpr files with Free Pascal IDE.
Extension .pas adalah extension file yang digunakan untuk
membuat kode program pascal. Sebagai contoh, kode program untuk menghitung luas
segitiga bisa diberi nama luas_segitiga.pas,
atau segitiga.pas.
Dengan memilih
pilihan Associate .pas files with Free Pascal IDE, maka ketika
kita men-double klik file tersebut dari Windows Explorer, kode program akan
langsung ditampilkan di dalam Free Pascal. Anda boleh memilih pilihan ini agar
lebih mudah ketika mengedit kode program. Klik Next untuk melanjutkan.
Jendela terakhir
adalah “Ready to Install”. Pada bagian ini akan diperlihatkan
pilihan-pilihan konfigurasi yang telah dipilih. Jika semuanya sesuai, klik
tombolInstall untuk memulai proses instalasi.
Tergantung
kecepatan komputer, proses instalasi akan berjalan beberapa saat. Jika sudah
selesai, akan tampil jendela “Information”.
Jendela ini berisi informasi mengenai versi Free Pascal dan fitur-fitur baru
yang ditambahkan. Klik Next untuk melanjutkan.
Jika jendela “Completing the Free Pascal Setup Wizard” telah tampil,
maka proses instalasi Free Pascal sudah selesai. Klik Tombol Finish untuk mengakhiri.
Apabila anda
langsung menuju tampilan desktop, akan terlihat sebuah shortcut bernama Free Pascal IDE. Silahkan double klik icon ini untuk
menjalankan aplikasi Free Pascal.
IDE adalah singkatan dari Integrated Development Environment, yakni sebuah
lingkungan pengembangan software yang terintegrasi. Sebuah aplikasi IDE
biasanya terdiri dari code editor, compiler, debugger,
dan beberapa fasilitas lain untuk memudahkan pembuatan program komputer.
Sampai disini, aplikasi Free Pascal
telah terinstall dengan sempurna, dan anda bisa mulai membuat kode program
pascal. Jika anda pernah menggunakan Turbo Pascal sebelumnya, terlihat tampilan
Free Pascal sama persis dengan Turbo Pascal (kecuali tambahan gambar artwork
“FPC” yang cukup mempesona).
Akan tetapi,
seperti yang terlihat, jendela aplikasi Free Pascal dan font yang digunakan
cukup kecil. Saya akan melakukan beberapa setingan agar tampilan Free Pascal
lebih user friendly.
Perintah Dasar/Sederhana Pascal
§ Write ( ‘Text/tulisan’,Variabel);
Perintah untuk menampilkan objek ke layar monitor
tanpa pindah baris
§ WriteLn( ‘Text/Tulisan’,Variabel);
Perintah untuk menampilkan objek ke layar monitor
lalu pindah baris kebawah
§ Read(Variabel);
Perintah untuk menginput/mengisi data
tanpa pindah baris
§ ReadLn(Variabel);
Perintah untuk menginput/mengisi data lalu pindah baris
Identifier/Pengenal Data
Digunakan untuk penamaan elemen-elemen deklarasi seperti
Label, Constanta, type, variabel, procedure, function
Syarat Identifier
§ Diawali huruf
§ Tidak boleh ada spasi/blank
§ Tidak boleh menggunakan reserved word
§ Tidak boleh menggunakan simbol khusus,
kecuali underscore(tanda bawah)
§ Panjang maximal 63 character
Unit standar pada turbo pascal
Unit yang dipakai secara umum dalam pemrograman pascal untuk
operasi yang dilihat pada layar adalah unit crt,salah satu perintah dari unit crt adalah clrscr; yang berfungsi
untuk membersihkan layar.
Penggunaan Unit CRT (Cathoda Ray Tube)
§ CLRSCR ;
Untuk membersihkan
layar
§ Delay (nilainya);
Untuk menghentikan
program dalam satuan milisecond
§ Gotoxy(x,y);
Untuk menempatkan kursor diposisi x dan y
§ Window(x1,y1,x2,y2)
Untuk membuat batasan jendela pada layar
RANGKUMAN PEMDAS Kelas X
Fasilitator by
: Dwi Nurcahya, AMd
3.3 Menerapkan alur pemrograman dengan
struktur bahasa pemrograman komputer
Algoritma
Percabangan
§ Sebuah program tidak selamanya akan
berjalan dengan mengikuti struktur berurutan, kadang-kadang kita perlu merubah urutan pelaksanaan program dan menghendaki agar pelaksanaan program
meloncat ke baris tertentu.
§ Peristiwa ini kadang disebut sebagai percabangan/pemilihan
atau keputusan.
algoritma percabangan satu kondisi
ALGORITMA PERCABANGAN UNTUK MENENTUKAN KELULUSAN
Contoh :
Program Kelulusan_Siswa
{Dalam bentuk pseudocode}
Deklarasi
Nilai :
integer
Status :
string
Algoritma
Nilai ← 75 {Value variabel nilai =75}
Status ← ‘Tidak Lulus’ {status= ‘Tidak
Lulus’ }
If
Nilai >= 75 then
Status ← ’Lulus’
End If
Write(Status)
ALGORITMA PERCABANGAN
UNTUK MASALAH BATASAN UMUR
Contoh :
§ Sebuah aturan untuk menonton sebuah film
tertentu adalah sebagai berikut, jika usia penonton lebih dari 17 tahun maka penonton
diperbolehkan dan apabila kurang
dari 17 tahun maka penonton tidak diperbolehkan nonton.
ALGORITMA PERCABANGAN UNTUK PERHITUNGAN DUA BUAH
BILANGAN
Contoh :
§ Dalam suatu perhitungan nilai P = X + Y.
Jika P positif, maka Q = X * Y, sedangkan jika negative maka nilai Q = X/Y.
Buatlah flowchart untuk mencari nilai P dan Q
algoritma percabangan dua
kondisi
§ Aturan kelulusan siswa pada mata pelajaran
Pemrograman Dasar diterapkan sebagai berikut :
§ Jika nilai ujian tengah semester (UTS)
lebih besar dari 70 maka siswa dinyatakan lulus dan Nilai Akhir sama dengan
nilai UTS.
§ Jika nilai UTS kurang atau sama dengan 70
maka siswa dinyatakan lulus jika Nilai Akhir lebih besar atau sama dengan 60
dimana Nilai Akhir = (nilai UTS x
40%) + (nilai UAS x 60%).
algoritma percabangan bersarang
ALGORITMA PERCABANGAN BERSARANG UNTUK MASALAH
FOTOKOPI
Contoh :
§ Sebuah usaha fotokopi mempunyai aturan
sebagai berikut :
§ jika yang fotokopi statusnya adalah
langganan, maka berapa lembar pun dia fotokopi, harga perlembarnya Rp. 75,-
§ jika yang fotokopi bukan langganan, maka
jika dia fotokopi kurang dari 100 lembar harga perlembarnya Rp. 100,-.
Sedangkan jika lebih atau sama dengan
100 lembar maka harga perlembarnya Rp. 85,-.
Algoritma Pengulangan
§ Dalam banyak kasus seringkali kita
dihadapkan pada sejumlah pekerjaan yang harus diulang berkali.
§ Salah satu contoh yang gampang kita jumpai
adalah balapan mobil seperti tampak pada gambar ini Mobil-mobil peserta harus
mengelilingi lintasan sirkuit berkali-kali sesuai yang ditetapkan dalam aturan
lomba. Siapa yang mencapai garis akhir paling cepat, dialah yang menang.
§ Kondisi pengulangan, yaitu syarat yang
harus dipenuhi untuk melaksanakan pengulangan. Syarat ini biasanya dinyatakan
dalam ekspresi Boolean yang harus diuji apakah
bernilai benar (true) atau salah (false)
§ Badan
pengulangan (loop body),
yaitu satu atau lebih instruksi yang akan diulang
Ada dua jenis perulangan yang dikenal dalam
Algoritma, yaitu :
§ Unconditional
Looping atau perulangan yang tidak menyertakan kondisi
tertentu sebagai syarat terjadinya perulangan, Contoh perulangan dengan FOR.
§ Conditional
Looping atau perulangan dengan menyertakan kondisi
kondisi yang harus terpenuhi, Contoh perulangan dengan struktur WHILE dan REFEAT.
STRUKTUR PERULANGAN FOR...DO
Contoh :
Program deret_ascending_1_to_9
Deklarasi
x : integer {x bertipe data integer}
Algoritma
For
x ← 1 to 9 do {perulangan sebanyak 9
kali}
Write(x) {menampilkan nilai x setiap perulangan}
End
for {menyatakan badan akhir perulangan dengan For}
Output : 1 2 3 4 5 6 7 8 9
Contoh :
Program
deret_descending_9_to1
Deklarasi
x : integer {x bertipe data integer}
Algoritma
For
x ← 9 downto 1 do {perulangan menurun
sebanyak 9 kali}
Write(x) {menampilkan nilai x setiap perulangan}
End
for {menyatakan badan akhir perulangan dengan For}
Output : 9 8 7 6 5 4 3 2 1
STRUKTUR PERULANGAN
WHILE...DO
Contoh :
Program
deret_genap_1_to_100
Deklarasi
x : integer {x bertipe data integer}
Sisa : Integer {Sisa bertipe data
integer}
Algoritma
x ← 1
While
x <= 100 do
Sisa ← x mod 2
If Sisa =
0 then
Write(x)
End If
x ← x + 1
End While
Output : x 101 {proses berhenti jika x=101}
STRUKTUR PERULANGAN
REFEAT...UNTIL
Contoh :
Program
deret_genap_1_to_100
Deklarasi
x,
total : integer {x dan
total bertipe data integer}
Sisa :
integer {Sisa bertipe data integer}
Algoritma
x ← 1
total ← 0
Refeat
Sisa ← x mod 2
If Sisa =
0 then
Total
= total + x
End If
x ← x + 1
Until x
> 100
Write(total)
Output : x 101 {proses berhenti jika x=101}
0 Komentar:
Posting Komentar
Berlangganan Posting Komentar [Atom]
<< Beranda